Sabtu, 10 Oktober 2009

E. Internet Dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Bahasa Indonesia Kini

Internet merupakan jaringan yang terdiri atas ribuan bahkan jutan komputer, termasuk di dalamnya jaringan lokal, yang terhubungkan melalui saluran (satelit, telepon, kabel) dan jangkauanya mencakup seluruh dunia.
Dengan adanya internet ini telah berdampak juga bagi perkembangan bahasa indonesia. Dimana ternyata banyak masyarakat luar negeri yang ingin mempelajari bahasa indonesia, mereka dapat dengan mudah mendapatkannya hanya dengan mengakses sebuah situs.
Seperti misalnya situs http://www.101languages.net/indonesian/ dengan slogan “Learn Indonesian Online For Free”. Menarik sekali memang. Dan ada juga situs http://maigo.sfc.keio.ac.jp/id/study_in_indonesia.html yang ditujukan khusus bagi orang / masyarakat jepang yang ingin mempelajari bahasa indonesia dengan mengikuti studi di Indonesia. 
Tidak hanya itu, ada satu info yang menarik yang saya kutip dari salah satu WNI yang tinggal di kairo (http://www.soulcast.com/post/show/36841/Mengintip-Perkembangan-Bahasa-Indonesia-di-Bumi-Para-Nabi), dia mengatakan bahwa:
“Satu hal yang melekat dan berkesan dalam benak saya, ketika saya akan memasuki sebuah restoran Indonesia di daerah Kairo, saya melihat orang non-bahasa Indonesia dengan lancar ngobrol dengan teman-temannya pakai bahasa Indonesia. sebenarnya hal ini bukan hal yang pertama kali bagi saya menjumpai orang asing berbahasa Indonesia, karena saya juga punya teman orang Mesir yang pandai bicara bahasa Indonesia; namun ini sunguh luar biasa, karena saat ditanya dia dari mana, ternyata: dia berasal dari Madagaskar, sbuah negeri yang dibuat judul sebuah film kartun Madagaskar”.

Wah, ternyata Bangsa Indonesia kita ini memiliki bahasa persatuan yang tidak hanya menyatukan kita sebagai satu bangsa tetapi juga dengan bangsa – bangsa lain. Oleh karena itu kita sebagai pemuda harus melestarikan dan bangga terhadap bahasa kita sendiri seperti yang tertuang pada sumpah pemuda.
SOEMPAH PEMOEDA
Pertama :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA
Kedua :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA
Ketiga :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA

Djakarta, 28 Oktober 1928 


1 komentar:

  1. wah jika orang luar aj pake bahasa indonesia, berarti kita juga harus berbangga donk. hehe

    BalasHapus