Sabtu, 17 April 2010

RUMAH MINIMALIS SEBAGAI CITRA PEMBANGUNAN PERKOTAAN YANG SERASI DENGAN LINGKUNGAN

Deskripsi:
------------
Mata Kuliah : Bahasa Indonesia 2
Nama Tugas : Soft Skill Bahasa Indonesia
No. Tulisan : Tulisan 04
Judul : RUMAH MINIMALIS SEBAGAI CITRA PEMBANGUNAN PERKOTAAN YANG SERASI DENGAN LINGKUNGAN
Dosen : Sri Sulistiyoningsih
------------
Tulisan ini pernah diikut sertakan dalam TIGA RODA AWARD LOMBA KARYA TULIS INDOCEMENT(LKTI) Tahun 2007 yang diadakan oleh PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Pada Bulan Agustus 2007.
------------




RUMAH MINIMALIS SEBAGAI CITRA PEMBANGUNAN PERKOTAAN YANG SERASI DENGAN LINGKUNGAN

Oleh: M.Salafudin


Sebagai trend mode perumahan modern, rumah bergaya minimalis hadir dengan nuansa yang berbeda. Dengan konsepnya yang terkesan simple dan praktis ini sangat tepat dihadirkan di perkotaan dimana lahan kosong yang semakin sempit dengan masyarakatnya yang cenderung berjiwa praktis.

Hal inilah yang membuat rumah minimalis serasi dengan lingkungan di daerah perkotaan. Selain itu, rumah minimalis juga menampilkan citranya tersendiri dalam mewujudkan pembangunan di daerah perkotaan. Karena sebagai suatu terobosan mode dibidang perumahan, rumah minimalis mampu memberi jawaban atas permasalahan pembangunan perkotaan dan menjadi ikon atau symbol sebagai bentuk dari pembangunan perkotaan itu sendiri.

Mengenai asal usul dan konsep secara umum tentang rumah minimalis yang menjadi citra pembangunan perkotaan yang serasi dengan lingkungan ini adalah sebagai berikut:

1 Sejarah Rumah Minimalis di Indonesia

Rumah minimalis adalah sebuah gaya arsitektur bangunan yang tengah menjadi tren di metropolitan. Karya arsitektur bangunan, termasuk rumah minimalis, merupakan pilihan-pilihan terhadap bentuk arsitektur sebagai akibat budaya.[1]

Adalah John Pawson, sesorang yang dianggap sebagai guru “minimalisme”. Ialah yang pertama kali menghadirkan desain rumah yang minim garis, suasana yang hening dan indah. Gaya minimalis ini mulai muncul di era 90-an. Sebelumnya gaya ini dikenal gaya mediterania dimana rumah berwarna kream, peach, dan biru laut dengan dinding yang dilumuri pasir dipadu dengan batu alam.

tren rumah minimalis ini sebenarnya berasal dari dataran eropa yang diadopsi masuk ke Indonesia. Dalam perkembangannya, konsep gaya rumah minimalis di Indonesia ini berbeda dari konsep minimalis secara international, seperti sumber yang kami dapatkan sebagai berikut :

Gaya minimalis di Indonesia sebenarnya telah mengalami perkembangan yang cukup berbeda daripada yang telah dipahami secara internasional sebagai 'minimalisme'. Gaya yang sesungguhnya pada minimalisme memiliki prinsip 'less is more' yang menggebu-gebu. Prinsip arsitektur modern minimalis ini sebenarnya mengikuti prinsip arsitektur 'form follow function' atau bentuk mengikuti fungsi. Karena itu bentuk-bentuk yang tidak perlu dihilangkan. Namun di Indonesia, kita mendapati ornamentasi atau hiasan-hiasan masih banyak digunakan, dan minimalisme telah menjadi sebuah gaya arsitektur yang berdiri sendiri, kadang-kadang 'gaya minimalis' dianggap sebagai istilah pengganti untuk 'gaya arsitektur modern'. Hal ini bisa dipahami, karena kebudayaan Indonesia yang sarat dengan ornamentasi atau hiasan.[2]


Jika gaya minimalis Eropa berbentuk kubus, tanpa atap, simple dan praktis tanpa sekat-sekat. Di Indonesia, gaya minimalis yang diusung ditambah sedikit sentuhan dengan gaya tropis. Alhasil, gaya rumah minimalis di Indonesia, tetap berbentuk kubus tapi ditambah atap segitiga di atasnya yang berfungsi sebagai arus aliran hujan.

2 Konsep Rumah Minimalis

Minimalis adalah pola berpikir, bekerja, dan suatu cara hidup. Sebuah cara pandang baru dalam melihat desain sebagai refleksi cara hidup masyarakat urban yang serba praktis, ringan, efisien, dan penuh kesederhanaan.[3]

Hal itu pulalah yang memberi kesan tersendiri pada konsep rumah gaya minimalis dengan yang lainnya. Rumah gaya minimalis ini terkesan simple, dinamis, praktis, sederhana tapi menampilkan gaya hidup yang mewah dan modern.

Secara umum rumah dengan gaya minimalis ini mempunyai ciri-ciri yang merupakan konsep dari rumah minimalis itu sendiri, mulai dari bentuk hingga model khas sebuah bangunannya, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Rumah minimalis menampilkan unsur garis dan bidang pada permukaan dinding sebuah bangunan
  2. Dalam pewarnaan cenderung lebih berani daripada gaya arsitektur Mediterania maupun klasik.
  3. Desain modern minimalis terletak pada gubahan geometri dan penggunaan material. Hal ini semacam membuat 'lukisan' bergaya kubisme dan mengisi relung-relung bidang kubus dengan warna dan bahan yang berbeda.[4]
  4. Ruang tanpa sekat dengan sedikit ornament dan perabotan

Di Indonesia sendiri konsep rumah minimalis ini telah mengalami modifikasi bentuk dibandingkan dengan rumah minimalis yang ada di negara asalnya, Eropa. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan kondisi iklim yang ada di negara kita ini, Negara Indonesia yang berada di garis khatulistiwa mempunyai iklim tropis, yang mengakibatkan adanya hujan dan panas matahari yang terik. Oleh karena itulah konsep perumahan minimalis pun didesain sedemikian rupa untuk mengatasi hal tersebut. Sehingga model rumahpun menjadi tidak sepenuhnya murni minimalis. Namun ditambah dengan gaya tropis. Misalkan saja dengan adanya penambahan atap segitiga di atasnya yang berfungsi sebagai arus aliran hujan.

3 komentar: